Header Ads

Link Banner

Pengelolaan Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Riau

 oleh : Nurul Asikin, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Riau

terasunri.web.id - Provinsi Riau dengan luas wilayah lebih kurang 8.915.016 hektar dengan jumlah penduduk  lebih kurang 6.500.971 jiwa (BPS Provinsi Riau , data jumlah penduduk tahun 2016), yang secara geografis terletak pada jalur yang sangat strategis karena terletak pada wilayah jalur perdagangan regional maupun internasional.

Riau dengan potensi sumber daya alam yang melimpah yang tersebar di 12 kabupaten dan kota perlu mendapatkan perhatian khusus guna mempercepat dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah bagi kesejahteraan masyarakat Riau sendiri. Potensi sumber daya alam tersebut perlu dikelola secara baik yang nantinya bisa dijadikan sektor unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau.

Pertumbuhan ekonomi menunjukkan sejauh mana aktivitas perekonomian akan menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat pada suatu periode tertentu. Dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah dan masyarakat harus secara bersama-sama mengambil inisiatif membangun daerah. Pemerintah daerah beserta partisipasi masyarakatnya dan dengan menggunakan sumber daya yang ada berupaya menginventarisir potensi sumber daya ada untuk merancang dan membangun perekonomian daerah.



Pembangunan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama yaitu meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat lokal, dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah daerah dan masyarakatnya harus secara bersama-sama mengambil inisiatif membangun daerahnya. Oleh karena itu pemerintah daerah harus berupaya menggunakan sumber daya yang ada di daerah tersebut dengan langsung turun ke daerah menjemput dan melihat sumber-sumber perekonomian daerah, dengan demikian nanti diharapakn bisa mentapkan beberpa sektor unggulan dan tidak fokus pada satu sektor saja. Dengan tindakan tersebut bisa memberikan sebuah dorongan semangat bagi masyarakat untuk ikut mengelola sumber daya yang ada agar menjadi potensi yang signifikan bagi prekonomian daerah untuk mendorong perekonomian untuk  maju.

Sumber daya alam yang melimpah di bumi lancing kuning ini dapat berupa lahan pertanian, pertambangan, dan ssebagainya yang dapat mendukung industri pengolahan atau sumber daya alam lainya yang yang akan mempunyai arti penting bagi masyarakat Riau yang memilikinya. Masyarakat Riau akan mendapatkan nafas segar yang bisa mereka manfaatkan jika daerah tersebut dikelola secara baik tentunya dengan mendapatkan dukungan yang baik dari pemerintah daerah serta dengan tunjangan modal dan teknologi yang memadai. Maka bukan suatu hal yang tidak mungkin perekonomian daerah provinsi Riau akan berkembang pesat.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting yang perlu dilakukan untuk memacu pertumbuhan prekonomian Riau adalah kemampuan pemerintah daerah untuk memanfaatkan berkah alam, berupa kekayaan sumber daya alam dan letak geografis yang strategis. Setidaknya bentuk pemanfaatan tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk : pertama, regulasi yang jelas dan tegas untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dan dunia usaha agar dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif. Kedua, transparansi kebijakan, termasuk pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Ketiga, pembentukan kelompok pengembangan ekonomi daerah dengan melibatkan instansi-instansi terkait yang dipandang perlu dengan harapan bisa memberikan laporan perkembangan kegiatan di masing-masing instansi serta bisa bertukar pendapat untuk memikirkan pengembangan prekonomian daerah. Terakhir, pengelolaan data statistik yang lebih up to date, dengan data-data yang baik akan mempermudah dalam merumuskan kebijakan prekonomian daerah ke depan.



Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/09/30/pengelolaan-sumber-daya-alam-untuk-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi-di-provinsi-riau

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.