Header Ads

Link Banner

Jurusan HI Salah Satu Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia


terasunri.web.id - Bagi kamu yang pengen jadi seorang diplomat, tentu nama jurusan hubungan internasional (HI) bukanlah suatu hal yang asing lagi. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit di berbagai universitas yang tergabung dalam fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP).

Nah, khusus buat kamu yang pengen jadi mahasiswa hubungan internasional, berikut beberapa jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia yang dapat kami rangkum. Semua jurusan di bawah ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Indonesia

Sebagai kampus terbaik di Indonesia, tentu saja kualitas pendidikan di UI tidak perlu diragukan lagi. Semua program studi S1 UI sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, sehingga tidak heran mengapa UI selalu masuk dalam daftar jurusan terbaik, termasuk jurusan hubungan internasional tebaik di Indonesia ini. Terkait kurikulum yang diajarkan dalam prodi HI ini, di antaranya ada Diplomasi dan Analisis Politik Luar Negeri, Teori Ekonomi Politik Internasional, Isu-isu Keamanan Transnasional dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia. Lulusan HI sendiri banyak yang bekerja sebagai diplomat atau di organisasi-organisasi internasional.

S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Airlangga

Sebagai kampus favorit, Unair juga ikut mendaftarkan prodi HI-nya sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Studi HI di UNAIR telah berdiri semenjak tahun 1982. Dulunya, jurusan ini hanya fokus kepada persoalan politik, ekonomi dan keamanan, namun setelah memasuki era globalisasi lingkup kajian HI menjadi semakin beragam, seperti masalah lingkungan, terorisme, dan human security.

S1 Hubungan Internasional – Universitas Padjajaran

HI Unpad menjadi salah satu anggota di daftar jurusan hubungan internasional terbaik ini. Sedikit informasi buat kamu, di UNPAD prodi HI dibagi menjadi 3 bidang kajian utama (SBK), di antaranya SBK Teori dan Metodologi Hubungan Internasional yang ditujukan bagi mereka yang ingin menjadi peneliti, wartawan dan international officers. Kedua, ada SBK Ekonomi Politik Global yang ditujukan bagi mereka yang ngeh sama bidang ekonomi. Terakhir ada SBK Hukum dan Organisasi Internasional bagi mereka yang tertarik menjadi international officers.



S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Hasanuddin

Sebagai “raja” di timur Indonesia, kualitas pendidikan UNHAS tentu tidak perlu diragukan lagi. UNHAS berhasil membawa prodi S1 Ilmu Hubungan Internasional-nya mendapatkan akreditasi A. UNHAS mendapatkan akreditasi A untuk prodi HI pada tahun 2015 melalui SK no 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015.

S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Riau

UR berhasil membuktikan kualitasnya dengan menjadi satu-satunya universitas di tanah Sumatera yang memiliki prodi HI berakreditasi A. HI UR sendiri mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT melalui SK no 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 pada tahun 2013.

S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Jember

Jawa Timur selalu mempunyai banyak alternatif pendidikan terbaik, jika tadi kita sudah membahas sedikit HI UNAIR, Universitas Jember (UNEJ) juga tidak kalah hebat dalam menghadirkan prodi HI terbaik di Indonesia. Prodi HI UNEJ yang memiliki visi “Mewujudkan jurusan sebagai penyelenggara pendidikan, penelitian dan pengembangan Ilmu Hubungan Internasional yang bermutu unggul dan kompetitif dalam menghadapi perubahan global.” menjadi salah satu pilihan wajib bagi kamu yang minat di jurusan ini, terutama kamu yang berdomisili di sekitar Jawa Timur.

S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Meskipun berstatus sebagai kampus agama, UIN Syarif Hidayatullah (UIN JKT) juga memiliki prodi HI yang tak kalah hebat dibanding kampus-kampus negeri umum yang kami tuliskan sebelumnya. HI UIN JKT baru mendapatkan akreditasi A pada tahun 2017 ini dengan SK nomor 0414/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017.


Kampus Lainnya dengan Prodi HI Terbaik
Beberapa daftar di atas merupakan jurusan hubungan internasional terbaik yang ada di kampus-kampus negeri di Indonesia. Selain kampus negeri, beberapa kampus swasta juga memberikan kualitas pendidikan HI terbaik. Berikut daftar perguruan tinggi swasta dengan prodi HI yang sudah berakreditasi A.

  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Pelita Harapan
  • S1 Hubungan Internasional – Universitas Kristen Indonesia
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Prof. Dr. Moestopo
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Pasundan
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Jayabaya
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Katolik Parahyangan
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Institut Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Jakarta
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Muhammadiyah Malang
  • S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Jenderal Achmad Yani

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Perlu kamu ketahui, HI termasuk jurusan favorit di bidang ilmu sosial maka sainganmu untuk mendapatkan kursi sudah pasti banyak. Oleh karena itu, persiapkan dirimu agar bisa mendapatkan kampus terbaik untuk jurusan terbaik ini. Semoga berhasil.


Sumber : http://pelajar.me/jurusan-hubungan-internasional-terbaik-di-indonesia/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.