Header Ads

Link Banner

Ini 5 Fasilitasi Paling Populer di Kampus

 terasunri.web.id - Universitas Riau sebagai salah satu Universitas tertua di Riau yang berdiri sejak 1 Oktober 1962 ini juga merupakan Universitas menjadi Jantung Hati Masyarakat Riau. Disamping itu Universitas Riau juga mempunya berbapa Fasilitas yang paling populer di kunjungi mahasiswanya. Berikut 5 fasilitas paling populer versi @TerasUnri :

1.  Grand Gasing Millenium


Ini dia fasilitas favorit terakhir, walaupun masih dalam proses pembangunan, auditorium ini diperkirakan menjadi auditorium termegah se-Indonesia. Gila, kan! Gedung ini akan dipergunakan untuk tempat pelaksanaan acara yang diselenggarakan UNRI, terkait wisuda ataupun kegiatan mahasiswa. Bahkan Oktober 2015 lalu wisuda telah dilaksanakan di Auditorium ini.

Fasilitas yang tersedia di GGM terdiri dari bangunan utama, yaitu Plaza, Amplifier dan Elektrikal. Tak tanggung-tanggung, daya tampung GGM mencapai 5000 tempat duduk. Tak hanya gedung bagian dalamnya saja yang mewah, bahkan menurut konsepnya, akan dibuat kolam untuk memperindah tampilan gedung ini loh.

2. Perpustakaan
 

Bukan lagi sebuah gudang buku dan wifi, Perpustakaan Universitas Riau sejak 2013 lalu juga telah menyediakan layanan taman digital online pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa juga bisa mengakses jurnal atau e-journal, skripsi, thesis dan desertasi online, maupun e-library. Tersedia juga koleksi buku semua bidang ilmu, buku langka, buku special, ensiklopedia, bahkan sampai handbook. Belum sampai di situ saja, masih ada fasilitas lain yang membuat mahasiswa sering mengunjungi perpustakaan ini. Fasilitas lainnya yaitu:

- Ruang Multimedia 


Letaknya ada di lantai 1 gedung utama Perpustakaan UNRI. Tempat ini biasanya digunakan untuk penyerahan tugas akhir, skripsi, thesis dan disertasi, karya ilmiah dosen (laporan penelitian, prosiding, jurnal dan artikel dosen terbitan di luar Universitas Riau), dan penyerahan jurnal terbitan Universitas Riau (E-Journal Riau University).

- Toko Buku

 
Toko Buku (Bookstore), terletak di lantai 1 gedung utama perpustakaan yang menyediakan kebutuhan buku wajib dan buku anjuran (buku referensi) bagi mahasiswa dan dosen. Selain itu, Perpustakaan menyediakan buku-buku dengan “Program Buku Murah” bagi sivitas akademika Universitas Riau yang diselenggarakan secara terjadwal. Ketika kuliah nanti pasti kalian perlu buku, dong. Tapi buku kuliah kan jarang ada yang jual. Eits, gak perlu khawatir lagi karena kalian bisa membeli buku wajib dan buku anjuran (buku referensi) di toko buku UNRI tanpa pusing dan jauh-jauh pergi ke toko buku lain. Bahkan ada buku-buku yang dijual dengan harga murah di saat-saat tertentu, lho. Di sini tersedia juga aksesoris berlogo UNRI seperti pin, gantungan kunci, dan sticker.

- Photocopy Center 

 
Namanya mahasiswa pasti perlu mem-fotocopy macem-macem. Mulai dari tugas, laporan, proposal, ataupun handbook. Di perpus ada tempatnya, letaknya ada di lantai 1 gedung utama, jadi gak perlu capek-capek naik tangga dan tersedia 2 mesin fotocopy.
Pelayanan photo Copy dan cetak Koleksi data
Layanan photo copy terletak di lantai 1 gedung utama, dengan 2 (dua) unit mesin photo copy.
  1. Pelayanan photocopy dan cetak digital adalah pelayanan untuk menggandakan informasi tercetak dan mencetak koleksi digital (koleksi digital content) untuk keperluan studi dan penelitian.
  2. Tata Tertib Pelayanan photocopy dan cetak koleksi digital
  3. Pengguna yang akan memphotocopy dan atau mencetak koleksi digital harus mengisi formulir yang disediakan dengan ketentuan :
  • Satu judul maksimal 2 (dua) bab per hari
  • Satu pengunjung hanya 2 (dua) judul per hari
  1. Biaya photocopy dan cetak koleksi digital sesuai peraturan yang telah ditetapkan.
- Tempat Penitipan Barang 

 
Kalian tidak perlu repot-repot membawa tas ke dalam perpustakaan karena telah disediakan locker khusus. Namun barang berharga seperti dompet dan hp tetap kalian bawa, ya. 
Pelayanan Locker
Pelayanan Locker adalah pelayanan penyediaan fasilitas bagi pemustaka untuk menitipkan barang-barang yang tidak boleh di bawa masuk  ke ruangan koleksi perpustakaan. Tempat penitipan barang (Locker) terletak di lantai 1 gedung utama untuk para pengunjung/pemustaka. Meskipun ada petugas, pengunjung tetap dihimbau untuk tidak meninggalkan  barang berharga seperti DOMPET, UANG, HANDPHONE, PERHIASAN, STNK, DLL. di locker
1 Pemustaka wajib:
  • Menunjukkan KTA/Kartu Baca yang berlaku;
  • Menitipkan barang sesuai dengan ketentuan;
  • Menerima kartu nomor locker;
  • Kartu nomor locker agar disimpan dan dijaga dengan baik selama penitipan barang.
2. Pelanggaran Pelayanan Locker
  • Bagi pengunjung yang menghilangkan kartu nomor locker tidak akan diserahkan barang yang dititipkan.
  • Pengunujung diwajibkan mengisi surat pernyataan yang telah disiapkan dengan meninggalkan photocopy KTP dan KTA/Kartu Baca.
Apabila terjadi kehilangan atau kerusakkan kartu nomor locker dikenakan sanksi administrasi dan denda penggantian kartu nomor locker yang baru. 
- Taman Digital


Merupakan fasilitas umum untuk pemustaka agar dapat lebih santai mengunakan akses internet melalui wi-fi yang disediakan Perpustakaan Universitas Riau. juga merupakan tempat untuk belajar bahasa inggris ditempat terbuka. Taman digital berjumlah 10 unit. Buat yang satu ini, kalian benar-benar harus memanfaatkannya, karena di taman digital ini, tempat belajarnya yang sangat nyaman, sejuk, segar udaranya, dan asiknya lagi langsung berhadapan dengan pepohonan yang hijau. Di sini kamu bisa mengakses wifi secara gratis karena di kawasan taman digital tersebut disediakan hotspot gratis sebanyak 4 titik, seru banget kan!

3. Tempat Wisata Dalam Kampus


Di dalam kampus ada tempat wisata? Yap, di UR tempat yang sering dikunjungi mahasiswa ialah halaman depan gedung rektorat yang juga terdapat danau kecil dan halaman rerumputan yang sangat luas, cocok dan pas banget buat foto-foto ataupun belajar bareng temen kalian. Tak hanya itu, terdapat juga taman bermain, di sana kalian akan temukan wahana permainan seperti zaman kalian TK dulu, kemudian ada waduk dan jembatan kupu-kupu.

4. Sarana Transportasi

 
Dengan luas kurang lebih 700 hektar, mahasiswa perlu menggunakan kendaraan untuk menuju ke Fakultas atau ke tempat tujuan lain di dalam kampus. Bus kampus hadir untuk membantu mahasiswa yang tidak mempunyai kendaraan pribadi. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian UR dalam mengurangi emisi bahan bakar kendaraan fosil. Apakah hingga sekarang masih beroperasi ?

5. Fasilitas Olahraga

 
What? Kampus punya stadion? Keren banget, kan.

Stadion mini ini sering dipakai untuk acara pertandingan sepak bola, tenis, futsal, basket, badminton, bahkan pernah dipakai untuk kuliah umum mahasiswa baru. Hampir setiap hari mahasiswa berolahraga di sini, apalagi bagi yang ikut UKM Olahraga. Waktu yang paling ramai dikunjungi biasanya sore hari. Setiap sore, mahasiswa UR juga banyak yang jogging atau jalan santai di Jogging Track, atau mengelilingi lapangan stadion mini.

Sumber : https://video.quipper.com/id/blog/quipper-campus/pulau-sumatera/universitas-riau/5-fasilitas-di-universitas-riau-paling-populer/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.