Header Ads

Link Banner

Mahasiswa Pascasarjana PSIL UR Donor Darah


terasunri.web.id - Guna memeriahkan HUT ke-54 Universitas Riau (UR) dan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa, para dosen dan pegawai pascasarjana Program Studi Ilmu Lingkungan (PSIL) melaksanakan bakti sosial, berupa donor darah. Bakti sosial ini sebagai wujud dari pengabdian kepada masyarakat. Donor darah yang dilakukan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dilaksanakan di areal kampus, Sabtu (21/10).  

Ketua Prodi Magister Ilmu Lingkungan Prof Dr Zulkarnaini MSi menjelaskan, donor darah ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan dalam memeriahkan Milad ke-54 UR dan sekaligus wujud kepedulian sosial dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengabdian kepada masyarakat. ‘’Mahasiswa tidak hanya menerima teori saja, tetapi juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan,’’ ujarnya.(hen)

Aksi donor darah dan kepedulian lingkungan ini sudah menjadi agenda rutin mahasiswa magister PSIL Unri. Dimana kali ini aksi donor darah yang diketuai dr Andi Gurning ini berhasil mengumpulkan 30 kantong darah.



Program pengabdian kepada masyarakat seperti ini  sudah dilaksanakan sejak 2015, dimulai saat Prof Zulkarnaini menjabat sebagai Ketua Prodi Pascasarjana PSIL. Mahasiswa dan dosen yang memiliki penelitian bagus tidak akan ada artinya bila tidak memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. “Karena itu, pengabdian kepada masyarakat juga merupakan sosialisasi dan promosi kepada dunia di luar kampus,” ujarnya.

Sebelumnya, mahasiswa PSIL juga telah melakukan penyuluhan kesehatan di Pematang Duku Timur, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis dengan melibatkan pegawai, dosen PSIL, empat dokter, empat kesehatan masyarakat (dokter dan kesehatan masyarakat seluruhnya mahasiswa). Tidak hanya penyuluhan kesehatan, juga dilakukan pemeriksaan golongan darah,  memberikan vitamin dan obat cacing kepada murid. Sementara guru diperiksa kolesterol, asam urat dan gula darah.


Sumber : http://riaupos.co/164958-berita-mahasiswa-pascasarjana-psil-ur-donor-darah.html#ixzz4wPxaryNC

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.