Header Ads

Link Banner

Usai dari SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Konsul AS Kunjungi UR

www.terasunri.com - SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru kembali kedatangan tamu penting. Usai mendapat kunjungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy beberapa waktu lalu, Rabu (19/10), sekolah yang berada di Jalan KH Ahmad Dahlan, Sukajadi itu mendapat kunjungan dari Konsul Amerika Serikat (AS) di Medan.

Kunjungan Konsul AS, Juha P Salin beserta jajarannya disambut hangat oleh Kepala SMA Muhammadiyah 1, Defi Warman MPd. Kunjungan diawali dengan diskusi ringan selama satu jam di ruang kerja Kepala SMA Muhammadiyah 1.

Usai bertukar pikiran, acara pun dilanjutkan dengan memberikan motivasi kepada siswa SMA Muhammadiyah 1 di ruang auditorium sekolah. Dalam pemaparannya, Juha mengatakan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru merupakan satu-satunya sekolah yang ia kunjungi selama berada di Kota Pekanbaru.

‘’Kunjungan kali ini kami lakukan hanya ke Universitas Riau (UR) dan SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kami tertarik mengunjungi sekolah ini (SMA Muhammadiyah 1, red) karena mutu, kualitas dan beragam prestasi membanggakan berhasil ditorehkan sekolah ini,’’ ujar Joha.

Dalam pertemuan itu, Juha banyak memaparkan tentang masalah pendidikan, baik perbandingan pendidikan di Amerika dengan Indonesia, siswa miskin di Amerika, maupun beasiswa studi ke Amerika.

‘’Pendidikan di Indonesia dan Amerika itu sama, mulai dari SD hingga universitas. Bedanya, sistem pendidikan di Amerika mengajak siswa untuk lebih banyak bertanya, bahkan bersikap kritis kepada gurunya,’’ ungkap Juha kepada Pekanbaru Pos.

Kendati ada perbedaan, namun Juha mengaku bahwa antara Indonesia dan Amerika itu lebih banyak persamaannya. Karena itu harus diperbanyak dialog antar masyarakat dari kedua negara agar terjalin kemitraan komprehensif antarnegara.

‘’Kalau anak-anak mau sukses, maka kalian harus memasang target yang tinggi. Kalau mau studi ke Amerika, syaratnya ada dua kunci, yakni pasang target yang tinggi agar sukses dan belajarlah Bahasa Inggris,’’ terangnya menyemangati siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.

Menanggapi kunjungan Konsul AS, salah seorang siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru mengaku senang dan bangga. ‘’Senang sekali ada kunjungan orang Amerika ke sekolah kami. Semoga sekolah kami bisa go internasional,’’ bebernya.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Defi Warman MPd menyambut baik kunjungan Konsul AS. Apalagi ini merupakan kunjungan kedua konsuk AS ke sekolah yang ia pimpin. Dimana sebelumnya Bidang Promosi Konsul AS juga menyambangi SMA Muhammadiyah 1 sembari sharing seputar studi di Amerika dan Beberapa universitas terkemuka di AS.

‘’Kami senang dengan kunjungan dan kepercayaan yang diberikan Konsul AS kepada sekolah. Apalagi, mereka (Konsul AS, red) banyak memberi motivasi kepada siswa serta mengajarkan cara dan kiat mendapatkan beasiswa di AS,’’ terang Defi.

Defi berharap, kunjungan Konsul AS beserta jajarannya bisa memotivasi siswa agar membuka cakrawala untuk lebih maju dan berjuang dengan siap bersaing untuk masuk di perguruan tinggi luar negeri. Usai memberikan motivasi, Juha P Salin juga menyempatkan diri meninjau Pustaka Khairul Ummah SMA Muhammadiyah yang berhasil meraih predikat perpustakaan terbaik kedua se-Indonesia.

Sumber : http://www.riaupotenza.com/berita-mantap-konsul-as-sambangi-sma-muhammadiyah-1.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.