Header Ads

Link Banner

Oktober, Pendidikan Fisika akan adakan Gebyar Fisika Ke X di Pangkalan Kerinci


riaueditor.com, Pelalawan - Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fisika Universitas Riau akan menggelar program rutin gebyar Fisika.Pada tahun ini, terpilih Kabupaten Pelalawan dan SMAN 1 Pangkalan kerinci sebagai tuan rumahnya.

Berbagai gelaran pelajaran Fisika akan ditampilkan dalam seminar dan workshop bertajuk Gebyar Fisika ke X di SMAN 1 Pangkalankerinci, tanggal 7-8 Oktober mendatang.

"Ya, ini merupakan program rutin kami tiap tahunnya. Tahun lalu di Kabupaten Siak, sebelumnya di Bagansiapi-api dan tahun ini kita pilih Kabupaten Pelalawan di SMAN 1 Pangkalan Kerinci untuk acara Gebyar Fisika 2016," papar Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNRI, Fahruddin S.Si,MT, pada awak media Ahad (2/10/2016).

Menurutnya, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah selain memperkenalkan pelajaran Fisika, juga ingin menjelaskan bahwa Fisika itu adalah pelajaran yang menyenangkan, tidak sesulit seperti yang dibayangkan selama ini.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita harapkan para siswa tidak stress atau takut menghadapi pelajaran Fisika. Kita akan buat dalam kegiatan ini bahwa Fisika itu adalah pelajaran yang menyenangkan, apalagi nanti akan ada berbagai perlombaan fisika, selain smeinar vdan workshop itu sendiri," ujarnya.

Kegiatan yang akan dilangsungkan selama dua hari ini, sambungnya, merupakan kegiatan gabungan antara dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam FKIP Fisika UNRI. Jadi nanti, akan ada 17 dosen Fisika yang terlibat dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Gebyar Fisika Ke X, Hamid, saat dikonfirmasi soal kegiatan ini via selulernya mengatakan bahwa direncanakan kegiatan ini akan diikuti oleh 492 siswa, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA se Pangkalankerinci dan sekitarnya, beserta guru pembimbingnya.

"Selain seminar dan workshop yang bertemakan tentang Fisika, kita juga akan menggelar berbagai perlombaan di hari kedua kegiatan ini. Diantaranya lomba Ranking 1 bagi tingkat SMP, kemudian pelatihan KIT IPA, pelatihan PTK dan pelatihan Lesson Study dan lain-lainnya," ungkapnya seraya 

mengatakan bahwa akan digelar juga pameran media fisika dalam kegiatan ini.Selaku Ketua Panitia, dirinya mengharapkan bagi sekolah-sekolah yang sudah diberikan surat pemberitahuan untuk keikutsertaannya, diharapkan untuk segera konfirmasi pada pihak panitia. Apalagi kegiatan ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan.

"Ya, kita rencanakan kegiatan ini akan dibuka oleh Pak Bupati," ujarnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Hj Nuraida, selaku tuan rumah menyambut baik kegiatan ini. Dirinya mengharapkan dengan adanya kegiatan ini maka akan didapat bibit-bibit siswa yang mencintai pelajaran fisika.

"Kita harapkan kegiatan ini dapat menyakinkan para siswa bahwa pelajaran Fisika itu bukan pelajaran yang harus ditakuti, sehingga akan didapat bibit-bibit siswa di Kabupaten Pelalawan yang pintar dalam pelajaran ini," tukasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.