Header Ads

Link Banner

Juarai Debat se-Pekanbaru, TIM Debat BEM FE UR Bukti Konsisten Bersinergi dan Berprestasi

terasunri.com, Universitas Riau - Sempena Milad Ke-17 Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Infomrasi (LPII) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Riau (UR) mengadakan beragam cabang perlombaan. Mulai lomba essay, desaign grafis, selfie photo dan debat se-Pekanbaru mulai tanggal 27 September - 1 Oktober 2016 di Gedung Yudisium FE UR. 

Lomba debat se-Pekanbaru ini diikuti 3 (tiga) Universitas, yakni Universitas Lancang Kuning (UNILAK), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) dan Universitas Riau (UR) yang terbagi menjadi 8 Tim yang telah diloloskan oleh panitia.

Jalannya lomba debat ini sangat seru dimana beberapa tim saling adu argument, dan pada akhirnya ada 4 tim yang berhak lolos ke semifinal yaitu Ilmu Ekonomi (IE) 2015 Vs BEM FE UR dan mahasiswa baru akutansi 2016 Vs Mahasiswa UIN SUSKA. Perdebatan di semifinal lebih menegangkan dan saling kuat lempar argument oleh masing-masing tim dengan data-data sebagai pelengkap argument. Kemudian hasil akhir yang berhak masuk ke grandfinal yaitu tim debat BEM FE UR vs Mahasiswa UIN SUSKA.

Lomba debat semakin sengit di grandfinal karena secara head to head sama-sama kuat dalam sesi-sesi penyisihan. Debat tersebut berjalan kurang lebih 1 jam, dan grand final tersebut menggunakan mosi : Pemberian subsidi terhadap energy terbarukan dapat mengurangi ketergantungan terhadap energy fosil. Pada tim pro yaitu UIN SUSKA dan tim kontra yaitu tim BEM FE UR, kedua tim tersebut saling menguatkan argument masing-masing dan tetap bersikeras untuk mempertahankan argument masing-masing. Dari tim pro yang menggunakan teori-teorinya lalu di susul oleh tim kontra dengan data yang dimiliki oleh tim BEM FE UR .

Kemudian pada sesi pengumuman pemenang dan pemberian hadiah di umumkan sesuai penilain juri debat yaitu saudari Osfa Oktafia Utama Nasution yang menyampaikan bahwa juara 1 (BEM FE UR) , juara 2 (Mahasiswa UIN suska), juara 3 ILMU EKONOMI angkatan 2015. Tim BEM FE UR yaitu Muhammad Abdul Ghofur,Annisa Dewi,Neti Marika. "Kami merasa puas bisa memenangkan debat ini. Kemenangan ini merupakan persembahan kami untuk BEM FE UR dalam mencetak prestasi di bidang akadamik, ini juga sebagai bukti konsistensi BEM FE UR untuk bersinergi dan berprestasi", ungkap Gofur selaku ketua tim debag BEM FE UR.

Ditambahkanya acara tersebut bagus dan sangat meriah karena pada pembukaan dan penutupa acara ada bebrapa tarian kreasi dari pengurus LPII. "Ini sebuah prestasi yang di ukir oleh Lembaga Pengkajian Ilmiah dan Informasi. Semoga di usia yang ke 17 ini LPII semakin jaya, dan menjadikan momentum ini untuk selalu berinovasi dan berkreasi", tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.