Header Ads

Link Banner

Melalui UMKM Tingkatkan Sektor Riil Ekonomi

Dr Hj Alvi Furwanti Alwie MM (Manajemen Fakultas Ekonomi Unri, 1993)

www.terasunri.com - Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini menjadi motor dalam peningkatan ekonomi kerakyatan. Berbagai program baik di pusat maupun daerah, dimunculkan guna memotivasi pergerakan UMKM menjadi sektor yang paling menguntungkan dan bisa memberikan dampak peningkatan perekonomian satu daerah. 

Meski begitu, kegiatan tersebut masih saja mendapat tantangan dan hambatan yang cukup besar, terutama dalam hal pengembangan pasaran hingga pertumbuhan modal. 

Melihat situasi tersebut, Hj Alvi Furwanti Alwie memiliki niat untuk meningkatkan sektor ril perekonomian masyarakat melalui UMKM saat ini. Langkah tersebut dimulai dengan terus memberi bimbingan kepada penggerak UMKM di daerah agar lebih memiliki motivasi lebih besar.

‘’Tak ada yang bisa dipungkiri, saat ini sektor ril perekonomian yang paling menjanjikan adalah UMKM. Selain itu, sektor ini juga lebih dekat kepada masyarakat dan bersinggungan langsung. Makanya, perlu kiranya UMKM itu sendiri menjadi motor besar pergerakan ekonomi kerakyatan,’’ terang alumnus Universitas Riau 1993 tersebut.

Bukan hanya sekadar wacana, langkah-langkah untuk hal tersebut sudah dilakukan perempuan yang saat ini aktif di Pascasarjana Manajemen Unri sejak ia masih aktif di birokrat. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Indragiri Hilir pada 2012-2014 dengan membuat program-program proUMKM. 

Karena ia sadar, di daerahnya tersebut banyak memiliki UMKM terutama dalam bidang pertanian yang perlu adanya diperhatikan. Pada masa itu, Hj Alvi menyebutkan jika banyak UMKM yang berkembang dan banyak pula UMKM yang tidak tumbuh dengan baik akibat pengetahuan yang masih minim. Meski belum menelorkan inovasi yang besar, namun sosok dosen berprestasi Unri 2006 ini benar-benar menunjukkan minatnya untuk membantu pergerakan ekonomi dari sektor ini Karena ia memiliki keyakinan, jika UMKM di suatu daerah sudah berhasil maka daerah tersebut akan maju dengan pesat. 

Sebagai contoh, Bali yang memiliki UMKM mandiri cukup tinggi sudah berhasil menjadi destinasi wisata dan pergerakan ekonomi luar biasa. Bahkan, sudah menjadi devisa negara yang cukup tinggi. Selain sektor UMKM, perempuan berhijab ini juga menyebutkan banyak bidang lainnya yang memiliki potensi yang besar di Riau. Seperti kelautan, perikanan darat, industri berbasis potensi daerah dan pariwisata dan lainnya.

‘’Masih banyak potensi ekonomi yang belum tergali dan tergarap secara jelas oleh kita. 

Makanya, sekarang bagaimana bisa kita ambil peluang itu dan jangan sampai nanti menjadi penonton di rumah sendiri. Kita bisa besar melalui UMKM mandiri yang kita miliki, saya yakin itu,’’ tuturnya.

Sumber : http://www.riaupos.co/130294-berita-dorong-sektor-ril-ekonomi-masyarakat.html#ixzz4MHm951iG

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.