Header Ads

Link Banner

Alumni Faperika UR Ini Jadikan SDM Multi-Skill

Ir H Herimufti MSi (Budidaya Perikanan Unri Angkatan 1986)

www.terasunri.com - Dewasa ini, pendidikan masih menjadi ‘mahar’ untuk mendekati kesuksesan. Tapi rejeki, jodoh dan maut sudah ada ditempatkan. Banyak alumni perguruan tinggi yang berkarya justru tidak pada sesuai dari disiplin ilmunya. Tinggal bagaimana ia menyesuaikan diri dengan dunia pekerjaan yang penuh tantangan saat ini. 

Hal tersebut sudah dibuktikan sendiri oleh Ir H Herimufti MSi sebagai yang memilih jalur sebagai aparatur sipil negara (ASN). Meski menamatkan kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika) Unri, namun ia belum pernah sekalipun berkecimpung dengan dunia perikanan sama sekali. 

Meski begitu, keinginan kuat untuk belajar dan terus mengupgrade diri membuatnya selalu berhasil menjalankan amanat yang dibebankannya. Bahkan saat ini dipercaya sebagai Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru dijalankan dengan baik. 

‘’Memang jika dilihat dari latar belakang pendidikan sarjana, saya sama sekali belum pernah di sana bahkan menyentuh saja belum. Namun sebagai ASN, kami harus siap ditempatkan di mana saja. Membaca dan beradaptasi dengan lingkungan adalah kunci dari menjalankan amanat itu. Jangan melihat latar belakang pendidikannya, tapi bagaimana bisa kita mau belajar dan terus belajar di tempat kerja,’’ sebut Herimufti. 

Dilihat dari latar belakang pendidikannya, Heri memang pada saat kuliah di tingkat strata satu selalu berhubungan dengan ikan dan sejenisnya. Namun setelah diterima menjadi ASN, Heri justru tidak pernah ditempatkan pada kegiatan tersebut. Sebut saja pernah di Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) dan saat ini di DKP. 

Meski begitu, tantangan tersebut yang sudah menjadi risiko pekerjaan dijalaninya dengan baik. Ia meyakini, masih banyak tempat belajar di dunia pekerjaan terutama sebagai ASN yang dituntut untuk selalu bisa dan mampu berkarya melayani masyarakat. 

‘’Selalu mengupgrade itu yang penting. Belajar dan membaca bisa membantu kita cepat adaptasi di tempat yang dipercayai. Yakin akan mereka yang memiliki skill tambahan yang akan bisa survive dalam dunia pekerjaan saat ini. 

Bukan berarti pendidikan yang diterima di perguruan tinggi tidak terpakai, karena itu justru nilai plus skill di diri kita. Menyesuaikan diri dan terus meningkatkan kemampuan adalah mereka yang bisa bertahan di tantangan hidup saat ini,’’ ujarnya.

Meski ia tidak pernah dapat berkecimpung pada kegiatan yang berhubungan dengan disiplin ilmunya, namun Heri juga mengupgrade diri dengan menimba ilmu pada Kebijaan Publik Unri pada saat Pascasarjana.

 Harapannya, seluruh anak muda saat ini bisa menimba ilmu di perguruan tinggi dan terus membuka diri untuk belajar agar skill dapat meningkat. Karena menurutnya, dunia kerja saat ini lebih memerlukan SDM yang memiliki multi skill dibandingkan hanya mahir dalam satu bidang.



Sumber : http://riaupos.co/131744-berita-menjadi-sdm-multiskill-.html#ixzz4NcMUGYy4

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.