Header Ads

Link Banner

Alumni Teknik Sipil Ini Jadikan Desa Tangguh dan Mandiri

Raja Yulizarman ST MT (D III Teknik Sipil Unri Angkatan 1984)

www.terasunri.com - Pemerintah yang kuat dimulai dari masyarakat desa yang tangguh. Karena jika masyarakat desa sudah memiliki skill dan kemampuan dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), maka pembangunan daerah tersebut secara menyeluruh akan lebih tangguh.

Pasalnya, desa merupakan garda terdepan dalam pembangunan karena merupakan bagian terkecil dalam pemerintahan. 

Untuk menciptakan hal tersebut, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah, namun harus dikerjakan secara bergotongroyong dari berbagai elemen. Meningkatkan SDM masyarakat desa melalui  kelembagaan dinilai penting.

 ‘’Beberapa program masyarakat desa sudah ditularkan melalui pemerintahan. Karena memang untuk membangun sebuah desa itu harus mengubah mindset dari masyarakatnya dan memotivasi mereka dalam mengembangkan diri. Pasalnya, mereka yang memahami apa yang diperlukan ditambah dengan dukungan berbagai pihak, hal tersebut bisa berjalan dengan baik. Makanya kita mendampingi itu semua agar bisa menjadikan desa-desa tangguh dan mandiri di Riau ini,’’ terang Raja Yulizarman ST MT.

Disebutkannya, kelembagaan desa yang diperdayakan tersebut sesuai Permendagri Nomor 5/2007 terdiri dari LPM, PKK, lembaga adat, karang taruna serta kelembagaan masyarakat lainnya seperti posyandu, bumdes dan lain-lain. 

Cara memberikan motivasi, terang Yulizarman, pihaknya melakukan pendampingan kepada masyarakat desa yang ada. Dengan dikuatkan lembaga kemasyarakatan tersebut, secara otomatis pembangunan juga akan jalan. Diharapkan, dengan hal tersebut pembangunan Riau ke depan bisa berjalan lancar dari dasar.

Meski konsen akan pembangunan masyarakat desa, pada dasar pendidikann Yulizarman bertolak belakang akan amanat yang diterimanya. Pasalnya, sebagai seorang sarjana teknik, pembangunan masyarakat desa tidak sama sekali berbicara terkait teknis dari pembangunan itu sendiri. 

Namun sebagai alumni Unri, ia mengaku terus belajar sehingga mampu menjalankan tugasnya sebagai aparatur sipil negara.


Sumber : http://riaupos.co/131743-berita-jadikan-desa-tangguh-dan-mandiri.html#ixzz4NcLpEFdq

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.