Header Ads

Link Banner

Himapentikan Gelar HGS ke IV di XIII Koto Kampar

realitaonline.com, Universitas Riau - Pengabdian kepada masyarakat sudah sewajarnya mengalir dalam darah setiap mahasiswa yang menjadi "agent of change" dan harapan bangsa ini. Seperti yang tercantum dalam tri dharma perguruan tinggi yang merupakan visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bergerak dari sanalah kemudian Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (HIMAPENTIKA FKIP UR) kemudian mencanangkan HIMAPENTIKA Goes to School (HGS) dalam salah satu program kerja tahunan. HGS telah berlangsung selama empat kali sejak 2013 hingga 2016. Tahun ini HGS telah selesai dilaksanakan dengan tema Matematika Beraksi Membangun Pertiwi pada Sabtu, 26 Maret lalu di Kecamatan XIII Koto Kampar, Riau. 

Survey lokasi telah dilakukan sebanyak dua kali ke daerah Kecamatan XIII Koto Kampar dan Kampar Hulu. Survey pertama untuk berkoordinasi dengan Kepala UPTD dan SMAN 1 XIII Koto Kampar kemudian survey kedua untuk melihat lokasi pelaksanaan dan mengantarkan undangan kepada SMA yang ada di Kecamatan XIII Koto Kampar dan Kampar Hulu. Tercatat sebanyak 6 sekolah yang ada di dua kecamatan tersebut. Setelah survey dilakukan dan persiapan telah matang, pada Sabtu (26/3) pagi pukul 06.40 WIB, dua bus beserta 60 mahasiswa pendidikan matematika pun berangkat dari Panam menuju SMAN 1 XIII Koto Kampar.

Kedatangan HIMAPENTIKA FKIP UR disambut dengan baik oleh Kepala SMAN 1 XIII Koto Kampar, Pariyal, S.Pd, M.Pd dan majelis guru. Bertempat di dua ruang kelas yang diubah menjadi ruang aula, acara pembukaan HGS pun berlangsung pada pukul 10.30 WIB. Sayangnya, sambutan baik HGS ini hanya diberikan oleh SMAN 1 dan SMAN 2 XIII Koto Kampar yang mengikuti rangkaian acara HGS. Untuk empat sekolah lainnya dikarenakan berbagai hal terpaksa untuk mundur dan tidak ikut serta dalam HGS. Pembukaan berlangsung singkat yakni pembacaan tilawah, penyampaian kata sambutan oleh ketua pelaksana HGS, Bupati Mahasiswa Pendidikan Matematika, serta Kepala SMAN 1 XIII Koto Kampar.

Kepala SMAN 2 XIII Koto Kampar yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala Kurikulum, John Hendra, S.S, M.Pd menuturkan sangat mengapresiasi sekali HIMAPENTIKA FKIP UR yang mau datang dari Pekanbaru ke Kampar untuk melaksanakan HGS. Ia menyadari bahwa siswa SMAN 2 sangat kurang dalam mengikuti kegiatan lomba eksak sehingga dengan adanya HIMAPENTIKA FKIP UR yang langsung turun untuk membuat kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkesan bagi siswanya, Menurut John Hendra, mahasiswa biasanya turun ke desa hanya saat KKN saja, padahal sebenarnya sekolah-sekolah di pelosok sangat mengharapkan adanya acara pendidikan seperti ini lagi di kemudian hari. Hanya saja ia menyayangkan jumlah sekolah yang mengikuti kegiatan ini kurang dari yang diharapkan. Seharusnya koordinasi dengan sekolah-sekolah lain di kecamatan tersebut dapat ditingkatkan sehingga semua SMA dapat mengikuti acara HGS. 

Rangkaian acara HGS selanjutnya seperti lomba dan pelatihan terlaksana secara bersamaan mulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB. *Training Leadership* untuk OSIS yang diikuti oleh 65 siswa SMAN 1 dan SMAN 2 XIII Koto Kampar mendapatkan peserta terbanyak di antara kegiatan lainnya. *Training Leadership *ini bertujuan menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan siswa untuk memajukan OSIS masing-masing. Jika SDM yang dimiliki OSIS sudah berkualitas maka kinerja OSIS tentu akan lancar. HIMAPENTIKA FKIP UR menghadirkan dua pemateri yang sudah berpengalaman dalam menjadi *trainer* dan keduanya berkolaborasi untuk *Training Leadership *ini yaitu Iqbal Ramadhani dan Rais Shabri yang juga merupakan mahasiswa pendidikan matematika. Setelah selesai pelatihan, panitia membagikan sertifikat dan mengumumkan peserta terbaik untuk *Training Leadership *yaitu Rizky Budiman dan Susan Qolbiah dari SMAN 2 XIII Koto Kampar.

Bersamaan dengan *Training Leadership*, terlaksana di mushola SMAN 1 XIII Koto Kampar sebuah kompetisi untuk menentukan seorang pemenang dari seluruh peserta yang ada dengan cara menjawab pertanyaan matematika dan umum, yaitu Ranking 1. Peserta Ranking 1 yang berjumlah 35 siswa terdiri dari siswa SMAN 1 dan SMAN 2 XIII Koto Kampar. Usai menyisihkan puluhan peserta, Husnul Ubaidillah Arba dari SMAN 1 XIII Koto Kampar keluar sebagai pemenang Ranking 1. 

Selain Ranking 1, kegiatan lain yang juga menantang kompetisi matematika kedua sekolah tersebut ialah Cerdas Cermat Matematika. Terdapat 4 tim yang berkompetisi untuk mendapatkan gelar juara 1, 2, dan 3. Soal yang diujikan ialah soal matematika sekolah menengah atas untuk kelas 10 dan 11. Setelah bersaing cukup ketat dengan skor yang hampir sama, SMAN 1 XIII Koto Kampar keluar sebagai pemenang 1 dan 2 sementara SMAN 2 XIII Koto Kampar berhasil menduduki juara 3 untuk Cerdas Cermat Matematika. Berbagai piala, hadiah dan doorprize untuk para pemenang pun dibagikan menjelang akhir acara. 

Saya sangat berkesan sekali dengan adanya HIMAPENTIKA Goes to School 4 ini ke sekolah kami, karena kami belum pernah mengikuti olimpiade matematika namun dengan adanya HIMAPENTIKA yang datang ke sini, kami dapat mengikuti olimpiade matematika di sekolah. Tutur salah seorang siswi yang menjadi peserta lomba cerdas cermat matematika.

Menurut saya HGS 4 ini sudah lumayan bagus walaupun masih terdapat kekurangan di sana sini, dan untuk HGS selanjutnya harus lebih maksimal lagi agar apa yang harapkan dengan terlaksananya HGS ini dapat diwujudkan. HGS adalah salah satu bentuk pengabdian kami terhadap sekolah-sekolah di pelosok untuk menghadirkan inovasi dan ketertarikan terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu, insya Allah kegiatan ini juga akan rutin diadakan setiap tahun. Kami juga berharap agar setiap kepala dinas pendidikan dan kepala sekolah dapat mendukung acara seperti ini. Ujar Ronny selaku Ketua Pelaksana.***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.