Header Ads

Link Banner

Pedulia Lingkungan, PSIL UR Akan Adakan Senpling 2017

terasunri.web.id - Masih dalam rangka milad Universitas Riau (UR) ke-55 akan menggelar Seminar Nasional Pelestarian Lingkungan (Senpling) 2017. Seminar yang akan dilaksanakan pada 25 November mendatangkan berlokasi di Hotel Pangeran, Jl Jendral Sudirman No 371 - 373 ditaja oleh Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Riau (PSIL-UR).

Pada kesempatan ini PSIL UR akan menghadirkan empat pametari dari berbagai kalangan. Seperti Prof Dr Ir Sukendi, MSi dari Universitas Riau. Selanjutnya ada Dr Tri Edhy Budhi Soesilo, MSi dari Universitas Indonesia. Ada juga Arnolad Sitompul, PhD merupakan Conservation Director WWF dan terakhir ada Drs Amral Feri, MSi yang merupakan Kepala Pusat Pembangunan Ekoregion.

Seperti diketahui peningkatan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia di bidangan lingkungan secara profesional, kompetitif dan kreatif sangat diperlukan untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan yang cenderungan sangat cepat dalam berbagai bidang ilmu. Seiring dengan hal tersebut muncul tuntuan kebutuhan pembangunan sumberdaya manusia (SDM) baik lokal maupun nasional. Untuk menunjang pelaksanakan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan diperlukan berbagai pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan.

Maka Program PSIL UR dituntut untuk dinamis, imajinatif, dan kreatif untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan yang cenderung sangat cepat tersebut. Menyadari akan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai jenis pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan hidup, maka PSIL UR akan mengadakan seminar yang berhubungan dengan Pelestarian Lingkungan. Diharapkan kegiatan seminar ini dapat menjadi media pertukaran pengetahuan dan informasi dalam pengelolaan, dan konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Untuk topik seminar sendiri terbagai dalam 6 bagian, yakni topik pertama tentang Konservasi Sumber Daya Alam , Lingkungan dan Perairan. Kedua, Manajemen Lingkungan dan Kearifan Lokal. Ketiga, Pencemaran Lingkungan dan Ekotoksikologi. Keempat, Kebijakan Pengendalian Lingkungan Hidup. Kelima, Sanitasi dan Kesehatan Lingkunga. Terakhir, Valuasi Ekonomi dan Hukum Lingkungan.

Dimana peserta Seminar tersebut nantinya berasal dari berbagai kalangan yang bergerak dalam bidang lingkungan. Seperti dari akademisi yang meliputi Dosen, Peneliti dan Mahasiswa/i Pendidikan Tinggi Negeri (PTN) maupun Pendidikan TInggi Swasta (PTS). Peneliti pada Pusat Lingkungan Hidup PTN dan PTS. Ada juga Praktisi dari kalangan industri atau perusahaan-perusahaan yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pemanfaatan sumberdaya hayati dan lingkungan. Selanjutnya akan ada perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli akan lingkungan. Kemudian akan ada Staf/Peniliti Lingkungan Hidup, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Balai Penelitian. Terakhir ada akademisi maupun instansi pemerintah yang bergerak pada masalah lingkungan hidup dan para pemerhati lingkungan hidup.

Untuk pendaftaran sendiri bagi peserta yang akan mengikuti Seminar Nasional dapat mendaftarkan diri kepada panitia baik secara langsung maupun via telepon dan email. Biaya pendaftaran bisa ditransfer ke rekening panitia : No Rek 0234314035 a/n Indrawati (Bank BNI) dan ke No Rek 108 00 1396 222 1 a/n Indira Ekawati (Bank Mandiri).

Untuk biaya pendaftarannya bagi umum, peneliti, instansi atau perusahaan sebesar Rp 250.000 sama hal nya dengan akademisi (dosen) atau LSM. Sedangkan untuk mahasiswa sebesar Rp 200.000 untuk S2 dan Rp 100.000 untuk mahasiswa S1.


Download

Sumber : http://unri.ac.id/2017/10/12/seminar-nasional-pelestarian-lingkungan-senpling-2017-tema-konservasi-dan-keseimbangan-ekosistem-dalam-rangka-pelestarian-lingkungan/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.