Header Ads

Link Banner

Himaprobio Ajak Donor Darah Akhir Pekan Ini


terasunri.web.id - Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (Himaprobio) akan gelar kegiatan sosial Biology Blood Donor VI (BBD) pada Sabtu (28/10). Lokasinya di ruang F2 dan F3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Tema yang diangkat yaitu Setetes Darah, Selamatkan Sesama, Sehatkan Jiwa.

Sebelum mendonor darah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendonor. “Usia pendonor tujuh belas tahun keatas, berat badan minimal 45 kg,” kata Rosliana, anggota P3K yang ikut dalam kepanitiaan. “Pokoknya nanti sebelum mendonorkan darah kita akan cek kesehatan si calon pendonor termasuk tekanan darahnya.”

Kemudian, yang harus dipersiapkan calon pendonor adalah banyak minum air putih, tidur yang cukup sebelum mendonorkan darah. Calon pendonor haruslah mencatat obat apa yang telah digunakan sebelumnya dan paling penting wajib makan beberapa jam sebelum mendonorkan darah.

Jika sudah memenuhi syarat dan anjuran, datangi tempat yang disediakan untuk mendonorkan darah. Siapa saja boleh mendaftar. Dosen, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum. Dibuka dari pukul delapan pagi hingga sore.

Kegiatan ini merupakan kali keenam diselenggarakan. Periode ini, panitia menargetkan peserta pendonor darah mencapai 90 orang. Lebih dari tahun sebelumnya yang hanya 50 orang. Fachrul Gunawan, selaku ketua pelaksana menegaskan kegiatan ini diteruskan karena bermanfaat untuk kepentingan umum bukan hanya melanjutkan program yang sudah ada. Selain itu, memudahkan siapa saja yang ingin donor darah tetapi tak sempat pergi ke Rumah Sakit.


Himaprobio kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Pekanbaru. Sama seperti penyelenggaraan sebelumnya. Fachrul ungkapkan, kendala yang dihadapi adalah menyamakan jadwal acara dengan PMI. Beberapa kali diundur. Panitia coba bangun komunikasi agar kegiatan dapat terlaksana.

Nantinya, untuk penyebaran informasi kegiatan sosial ini, Zura koordinator Humas, Informasi dan Dokumentasi BBD VI akan sosialisasi keseluruh lingkungan kampus Universitas Riau. Sehingga, peserta donor darah tahun ini diharapkan meningkat dari tahun sebelumnya.

Bupati Mahasiswa Pendidikan Biologi, Ahmad Syawanda katakan dengan adanya kegiatan sosial ini dapat membantu memenuhi ketersediaan darah di PMI Pekanbaru. Selain itu, mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan donor darah.

“Salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi risiko penyakit jantung dan membakar kalori,” jelas Wanda. Ia melanjutkan, mari bersama berkontribusi dalam bentuk darah.

Panitia berharap semoga acara ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Sumber : http://bahanamahasiswa.co/?p=4774#.We7VCI-CzIU

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.