Header Ads

Link Banner

Universitas Riau Tuan Rumah Kuliah Umum Pertamina Berbagi Pengetahuan Dengan Universitas


terasunri.web.id - Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) melakukan kuliah umum bagi mahasiswa yang berada di Pekanbaru, Riau terkait industri Hulu Minyak dan gas dalam rangka ketahanan energi nasional.

"Ini upaya  peningkatan kemitraan dan sinergi dengan dunia  pendidikan, Pertamina  menggelar  acara  "Pertamina  Berbagi  Pengetahuan Dengan Universitas," kata Senior Vice President Development dan Technology  PT  Pertamina  (Persero) Amran Anwar di Pekanbaru, Senin.

Ia menyatakan acara  ini  juga  diisi  berbagai  paparan  dari  fungsi-fungsi  yang  ada  di Direktorat Hulu Pertamina seperti Geophysics, Geology, Reservoir dan Production, Enhanced Oil Recovery, Process dan Facility, Drilling, New Energy dan Green Technology, hingga fungsi data dan Geomatics.

Amran Anwar menjelaskan bahwa kegiatan di sektor hulu yang dijalankan Pertamina saat ini sangatlah dinamis dan menantang. Upaya penambahan cadangan  migas  serta  turunnya  harga  minyak  mentah  dunia  merupakan  dua  hal  yang  menjadi tantangan utama saat ini.

Di sisi lain, terdapat peluang dalam hal pengembangan energi baru dan terbarukan  seperti  panas  bumi  dan  gas  metana  batubara  (coalbed  methane).

"Pertamina mengemban amanah penting sebagai bagian dari upaya menciptakan ketahanan energi nasional, oleh karena itu berbagai dinamika yang terjadi khususnya di sektor hulu perlu disikapi secermat mungkin," ujar Amran.

Amran menambahkan bahwa tantangan  sektor  energi di masa  yang  akan  datang tentunya  akan semakin berat, sehingga diperlukan generasi penerus yang handal dan mampu menjawab tantangan di  masa  depan.

"Kami  berharap  agar  adik-adik  mahasiswa  dapat  mempersiapkan  diri  sebaik mungkin karena tanggung jawab pemenuhan energi di masa yang akan datang berada di pundak anda," imbuh Amran.


Ia menuturkan sebagai perusahaan energi nasional terbesar di Indonesia, Pertamina menjalankan kegiatan bisnis yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Di sektor hulu, Pertamina memiliki anak-anak perusahaan yang menjalankan  kegiatan  eksplorasi  dan  produksi  migas  seperti  PT  Pertamina  EP  (PEP)  dan  PT Pertamina Hulu Energy (PHE).

Disamping itu Pertamina juga menjalankan kegiatan pengelolaan panas bumi melalui PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), serta jasa pemboran yang dijalankan oleh PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI).

Di Provinsi Riau sendiri, kegiatan hulu migas Pertamina dijalankan oleh PT Pertamina EP Asset 1 Lirik Field serta Pertamina Hulu Energi Siak  dan  Kampar  yang  secara  administratif  berada  di  empat  Kabupaten  yaitu  Indragiri  Hulu, Pelalawan, Siak dan Rokan Hilir.

Acara yang diinisiasi oleh Direktorat Hulu PT Pertamina (Persero) ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari Universitas Riau dan beberapa Universitas lain di wilayah Pekanbaru, STMIK, UR, UMRI, UNILAK, UIR, UIN.

Rangkaian  kegiatan  ini  diawali  dengan  Talkshow  bertema  "Tantangan  Kedepan  Sektor  Hulu Migas dan Geothermal" dengan pembicara yang terdiri dari Senior Vice President Developmenilmu. Technology  PT  Pertamina  (Persero),  Senior  Vice  President  Upstream  Strategic  Planning  & Operation Evaluation PT Pertamina (Persero), Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy serta Rektor  Universitas  Riau.

Sementara itu Rektor UR Aris Mulyadi menyatakan bahwa  pertamina sangat besar perannya dalam produksi minyak karena itu  Kepada mahasiswa agar memanfaatkan pertemuan ini agar dapat menimba ilmu.

"Karena yang kami undang mahasiswa yang jurusannnya terpaut dengan tehnik sehingga nanti tawaran bagi Pertamina peluang bagi lulusan ini bisa kesempatan magang di perusahaan milik negara itu," ujarnya.

Ia juga menyambut baik atas tawaran Pertamina kepada para dosen untuk riset termasuk pembukaan prodi jurusan teknik dan geologi.


Sumber : http://www.antarariau.com/berita/94081/direktorat-hulu-pt-pertamina-berikan-kuliah-umum-bagi-mahasiswa-pekanbaru#ixzz4tfFln100 
Follow us: @antarariau on Twitter | Antara_Riau on Facebook

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.