Header Ads

Link Banner

Pengamat Ekonomi UR, Edyanus Herman : Pertumbuhan Ekonomi Riau Diperkirakan Akan Naik Setelah Pengesahan RTRW


terasunri.web.id - Dengan sudah disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau, maka ada kepastian hukum tentang tata ruang, dan ini memberikan peluang besar bagi investor untuk berinvestasi di Riau.

Wilayah yang selama ini masih diragukan posisinya, apakah masuk wilayah hutan, sekarang sudah dikeluarkan, dan ini juga menjadi kepastian bagi masyarakat dalam melanjutkan usaha di lahan mereka sendiri.

Ini juga menjadi keleluasaan bagi wilayah Riau karena zona untuk melakukan pembangunan sudah pasti, dan sudah bisa dilaksanakan. Dengan sudah bergeraknya pembangunan, dan zona tata ruang juga sudah pasti, banyak investasi akan masuk, ini menjadi sumber energi bagi perekonomian di Riau.

Lapangan kerja akan semakin terbuka, banyak tenaga kerja yang diserap, proyek strategis nasional bisa segera digesa, pertumbuhan ekonomi akan semakin naik, dan ini tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.



Setalah pengesahan ini dilakukan, proses selanjutnya di Kementerian Dalam Negeri. Menurut saya tidak ada yang perlu dikhawatirkan di sini, dan tidak harus dikawal ketat.

Jika ada yang berani melakukan lobi ke pusat untuk mengubah RTRW, Kemendagri tidak akan berani. Karena titik-titiknya sudah jelas, dan Pansus memiliki alasan mengapa ini diputihkan dan dihijaukan.

Kalau misalnya ada yang berubah, daerah akan langsung tahu. Satu yang perlu kita ingat, bahwa Perda lebih tinggi dari keputusan menteri. Maka dari itu, di Mendagri sifatnya hanya evaluasi, jika ada yang diperbaiki, maka Mendagri menyurati daerah untuk diperbaiki.

Daerah bisa menyampaikan keberatan jika ada permintaan revisi yang tak sesuai dengan subtansinya. Karena tidak mungkin pihak pusat meminta revisi ini dihijaukan atau ini diputihkan, palingan revisi hanya soal aturan dan administrasi. 


Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/09/25/pertumbuhan-ekonomi-riau-diperkirakan-akan-naik-setelah-pengesahan-rtrw

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.