Header Ads

Link Banner

HMJ MSP UR Ikuti Kegiatan Rehabilitasi Nasional di IPB


terasunri.web.id - Kegiatan Mahasiwa Rehabilitasi Nasional (KEMAREHABNAS) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Indonesia (HIMASUPERINDO).

Pada tahun ini, Institut Pertanian Bogor melalui Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) IPB dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kemarehabnas 2017.
 
Kemarehabnas tahun ini mengangkat tema "Green Belt Conservation of Seagrass: Gema Konservasi Lamun dalam Upaya Memperbaiki Kesejahteraan Lingkungan Pesisir" mengingat minimnya perhatian dari berbagai kalangan tentang pentingnya peranan lamun dalam mata rantai kehidupan sumberdaya akuatik.

Program rehabilitasi dan konservasi ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya ekosistem lamun. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama HIMASPER IPB dengan UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi (LPKSDMO) Pulau Pari-Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kemarehabnas 2017 sukses dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 21 - 24 September 2017 bertempat di Bogor dan Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa delegasi dari berbagai Perguruan Tinggi yaitu: Universitas Bangka Belitung, Universitas Samawa, Universitas Riau, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjung Pura, Universitas Mulawarman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Antakusuma, Universitas Gajah Mada, Universitas Khairun, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Sultan Hasanudin, Universitas Maritim Raja Ali Haji, dan Institut Pertanian Bogor.

Kemarehabnas 2017 terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan menarik, sepe/rti Seminar Nasional, Final Presentasi Lomba Karya Tulis Nasional, Fieldtrip, dan Kegiatan Penanaman Lamun.

Pada hari pertama Kemarehabnas 2017 tanggal 21 September 2017 dilaksanakan Seminar Nasional dan Final Presentasi Lomba Karya Tulis Nasional.
 

Seminar Nasional dihadiri oleh narasumber yang ahli dalam bidang ekosistem lamun. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan ini diawali dengan menampilkan tarian daerah, parade bendera tiap delegasi, dan menyanyikan lagu kebangsaan. Seminar nasional disampaikan oleh Drs. Wawan Kiswara yang merupakan peneliti dan spesialis lamun dari Yayasan Lamun Indonesia (LAMINA).

Pada seminar ini, beliau menyampaikan terkait biologi dan ekologi Lamun serta cara pengelolaannya. Pembicara kedua adalah Dr. Ir. Fredinan Yulianda M.Sc. yang merupakan dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK, IPB. Beliau menyampaikan terkait Konservasi Ekosistem Lamun.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi oleh finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan diakhiri dengan makan bersama para delegasi.

Hari kedua Kemarehabnas 2017 dilaksanakan pada tanggal 22 September 2017. Kegiatan ini dimulai dari Tour Campus IPB dan mengunjungi salah satu obyek wisata di Kota Bogor yaitu Kebun Raya Bogor. Rangkaian acara pada hari kedua diakhiri dengan mengunjungi pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bogor.

Hari ketiga Kemarehabnas 2017 dilaksanakan pada tanggal 23 September 2017. Hari Ketiga ini merupakan acara puncak Kemarehabnas 2017 yang dilaksanakan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Sebelum para delegasi terjun ke lapang untuk melakukan rehabilitasi, mereka mendapat pelatihan dan pembekalan penanaman lamun oleh Dr. Udhi Eko Hernawan yang merupakan peneliti lamun dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. Selanjutnya, dilaksanakan penanaman lamun di pesisir pantai, di sekitar Daerah Perlindungan Laut Pulau Pari.

Peserta sangat antusias dalam melaksanakan penanaman lamun. Setelah kegiatan tersebut, para peserta mengunjungi Pantai Pasir Perawan.

Hari keempat Kemarehabnas 2017 dilaksanakan pada tanggal 24 September 2017. Kegiatan ini diisi dengan membersihkan area wisma dan persiapan kembali menuju Jakarta.
 
Semua kegiatan yang telah dilaksanakan melalui Kemarehabnas 2017 ini merupakan bentuk nyata bagi generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia dalam mengimplementasikan dan mewujudkan pengembangan lingkungan hidup di pesisir Indonesia, memberikan kontribusi nyata untuk mencapai target kesejahteraan lingkungan pesisir serta meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir.


 Sumber : https://koranbogor.com/berita/2017/09/29/himpunan-mahasiswa-manajemen-sumberdaya-perairan-indonesia-melakukan-kegiatan-mahasiswa-rehabilitasi-nasional-2017-green-belt-conservation-seagrass

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.