Header Ads

Link Banner

Dari 8 Utusan ke PIMNAS, UR Boyong 2 Perunggu

terasunri.blogspot.co.id - Mahasiswa sebagai salah satu kunci penggerak pembangunan nasional tak hanya harus berprestasi dalam bidang kurikuler, namun juga dalam bidang ekstrakurikuler dan ko-kurikuler, yang salah satunya diwadahi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Oleh karena itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-30, yang tahun ini bertempat di Universitas Muslim Indonesia, Makassar.

Tahun ini, Sebanyak 420 tim terdaftar sebagai peserta PIMNAS 30, yang terdiri dari 1.845 mahasiswa dan berasal dari 89 perguruan tinggi. Universitas Riau sebagai universitas riset ikut andil dalam mengirimkan 8 tim yang terdiri dari 5 tim PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE) , 1 tim PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) , 1 tim PKM Pengabdian (PKM-M) dan 1 tim PKM Kewirausahaan (PKM-K).

Dalam acara penutupan yang juga disertai dengan pengumuman hasil juara yang diselenggarakan pada Sabtu (26/8/2017) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Tim “Biru Langit”, Universitas Riau berhasil meraih total 2 medali perunggu. Peraihan medali diraih dalam kategori poster dan presentasi. Rinciannya, medali perunggu ini dipersembahkan dalam kategori poster oleh Tim PKM-PE Kelas 5 dengan judul "Pembuatan Hidroksiapatit Berpori Menggunakan Pelepah Pisang (Musa Paradisiaca) Sebagai Template Untuk Aplikasi Implan Tulang" yang diketuai oleh Ilham Habib. Dan satu medali perunggu lagi dalam kategori presentasi oleh Tim PKM-PE kelas 6 dengan judul "Collegen: Inovasi Biocontrol Agent Berbahan Dasar Jamur Endofit Tanaman Cabai Merah Sebagai Antifungi Colletotrichum Capsici Penyebab Busuk Cabai Merah Secara In-Vitro" yang diketuai oleh Ahmad Zamil Alamsyah.

Raihan 2 medali perunggu ini memperlihatkan kemajuan Universitas Riau dari tahun-tahun sebelumnya. "Kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa yang telah mengharumkan nama Universitas Riau di ajang skala nasional ini, terimakasih juga untuk rektor beserta jajaran pimpinan, tim pengelola PKM UR yang terdiri dari penanggung jawab PKM setiap fakultas, dosen pembimbing dan seluruh dosen Universitas Riau yang telah mendukung mahasiswa untuk menyusun PKM ini", ungkap Syapsan selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Riau.

Selain itu, Syapsan juga menyampaikan harapan besar kepada Universitas Riau agar lebih baik lagi pada tahun selanjutnya. "Semoga PIMNAS selanjutnya kontingen UR membawa tim yang lebih banyak lagi dan bisa memperoleh medali yang lebih banyak untuk setiap kategorinya, kemudian semoga pihak yang terkait dalam PKM lebih berkontribusi aktif lagi demi kemajuan PKM UR terutama untuk mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif", tutup Syapsan, usai penutupan PIMNAS.

Sumber : https://www.facebook.com/BEMUNRI/posts/127980114494597

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.