Header Ads

Link Banner

Direktur PSB UR : Dua Komoditi ini dilarang ditanam di lahan gambu gambut

senuju.com - Konversi lahan gambut selama ini ditenggarai menjadi penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Riau. Maka dari itu, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dua komoditi yakni kelapa sawit dan akasia dilarang ditanam di lahan gambut.
 
Hal ini disampaikan Deputi Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut (BRG), Haris Gunawan kepada wartawan di Kantor Gubernur, Riau, Senin (3/10/2016).

"Dua komoditi ini, jenis yang aslinya hidup di lahan mineral, bukan lahan gambut. Maka, ketika dibudidayakan perlu tahapan pengeringan lahan gambut dengan membuat kanal-kanal," beber dosen sekaligus Direktur Pusat Studi Bencana Universitas Riau (UR).

Resiko ketika membuat kanal bagi dua komoditi tersebut ialah menyebabkan Karhutla. Kendati demikian, baik akasia maupun sawit tidak bisa langsung dihilangkan, akan tetapi terdapat tahapan pencegahan untuk meningkatkan produktivitasnya.

"Akasia dan sawit yang sudah ada bisa diperbaiki tata kelola airnya. Tidak bisa langsung dihabiskan. Ke depan tidak boleh lagi dikembangkan dua komoditi tersebut," jelasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.