Header Ads

Link Banner

Alumni ini Perkenalkan Olahraga Yoga

Yanti Andriani SH (Fakultas Hukum Unri, 2001)

www.terasunri.com - Di dalam tubuh yang kuat, ada jiwa yang sehat. Mungkin itu yang menjadi prinsip alumni Universitas Riau 2001 ini. Meski lulus dengan gelar Sarjana Hukum, Yanti Andriani SH memilih untuk ‘meracuni’ orang untuk mengedepankan hidup sehat melalui olah tubuh. 

Berbekal hobi menari, ia aktif di sanggar seni. Usai menempuh pendidikan di kampus, Yanti terus mengejar hobinya dengan mengikuti kelas instruktur serta lulus menjadi yang terbaik.

Buah dari karyanya tersebut, Sanggar Senam Nirvana terbentuk guna mengajarkan bagaimana menjadi sehat dengan senam.

‘’Tubuh itu harus digerakkan setiap harinya. Tapi jika digerakkan dalam porsi dan gerakan yang tepat, selain tubuh menjadi sehat jiwa juga menjadi senang. Senam itu  gabungan keduanya, bergerak sambil menikmai musik. Jadi sehat badannya dapat, sehat jiwanya juga dapat,’’ terang Yanti.

Tidak hanya senam, Yanti juga terus mengembangkan diri dalam olah tubuh lainnya, yaitu yoga. Hasilnya, ia juga membangun Malay Yoga untuk sehat melalui gerakan yoga yang konon merupakan gerakan yanag mengabungkan diri dan alam. 

Di luar sanggarnya, Yanti juga aktif dalam kegiatan-kegiata senam di lapangan. Ini semua sebagai keinginannya untuk dapat menularkan hidup sehat kepada masyarakat. 

‘’Menurut saya, dengan tubuh yang sehat, dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan serta kesegaran jasmaninya. Yang merupakan salah satu sektor yang penting dalam upaya meningkatkan prestasi kerja. Untuk yang pernah sakit, tentu senam dan yoga ini bermanfaat untuk memulihkan kesehatannya,’’ terangnya. 

Khusus untuk Yoga, Yanti menyatakan jika dengan yoga, seseorang akan lebih baik mengenal tubuhnya, mengenal pikirannya, dan mengenal jiwanya. Semakin mengenal aspek diri dan tubuh terpengaruh oleh tiga hal yakni emosi ,akal, dan aksi. Agar tubuh tetap dapat beroperasi dengan baik, maka ke tiga hal yang mempengaruhi pikiran ini harus dijaga agar selalu dalam keadaan yang seimbang. 

Ada banyak senam yang dikuasainya, seperti senam jantung sehat, senam diabetes, senam bugar lansia, senam untuk tulang (osteoporosis) dan lainnya. 

‘’Harapan saya menggeluti bidang olah raga ini; bahwa dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat serta menunjang program pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, serta menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga,’’ harapnya.


Sumber : http://www.riaupos.co/130171-berita-perkenalkan-yoga--kenali-jiwa-raga.html#.V_XuRN_RUWc

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.