Header Ads

Link Banner

Bahas Isu Lingkungan, BEM UR Kunjungi Walhi Riau


terasunri.web.id - Sejumlah Pengurus Badan Ekesekutif Mahasiswa Universitas Riau melalui Kementerian Lingkungan Hidup melakukan kunjungan kerja ke Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Riau yang bertempat di Jalan Cempedak, Pekanbaru pada Selasa (26/08/2017). Kedatangan Pengurus BEM UR ini disambut langsung oleh Riko Kurniawan selaku Direktur Eksekutif Walhi, Fandi Rahman selaku Wakil Direktur Walhi beserta jajarannya.

Kunjungan kerja ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh kementerian lingkungan hidup dalam rangka membahas berbagai permasalahan lingkungan yang semakin hari semakin kompleks dan mencoba untuk mencari pemecahannya dengan berbagai lembaga dan instansi terkait salah satunya yaitu LSM Wahana Lingkungan Hidup (WALHI).



Dalam kunjungan yang dilaksanakan, Riko Kurniawan selaku Direktur Eksekutif WALHI menjelaskan bahwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau merupakan masalah yang cukup kompleks, Ia menilai bahwa rezim pemerintah saat ini kerap kali melakukan pembangunan di kawasan hutan. Pembangunan ini, lebih lanjut ia nilai memiliki banyak sekali pelanggaran hukum yang kemudian menyebabkan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau. 

Selama ini WALHI terus mendorong pemerintah untuk kembali menegakkan hukum yang lemah, terlebih untuk para korporasi pembakar hutan yang dibiarkan melenggang bebas. Selain itu WALHI juga terus mendorong pemerintah untuk melakukan moratorium lahan serta restorasi gambut seperti penanaman hutan dan membasahi lahan gambut kembali” ujar Riko Kurniawan.

Dalam kesempatan lain, Randy Lorena Chandra selaku Menteri Lingkungan Hidup BEM UR menilai bahwa kunjungan kerja ke WALHI ini perlu dilakukan melihat selama ini WALHI merupakan salah satu LSM yang cukup konsisten berjuang dalam berbagai permasalahan lingkungan yang ada di Riau. Selain itu, kunjungan ini juga dipandang perlu untuk menjalin silaturahmi dengan berbagai lembaga dan organisasi yang berjuang di bidang lingkungan, ujar Randy.

Kedepannya, Kementerian Lingkungan Hidup akan terus melakukan kunjungan kerja dengan berbagai pihak mulai dari LSM, instansi pemerintahan dan organisasi-organisasi lingkungan lainnya untuk mengumpulkan berbagai permasalahan yang ada terutama permasalahan di bidang lingkungan untuk kemudian dilakukan audiensi dan advokasi kepada instansi terkait agar permasalahannya dapat diselesaikan sehingga tercipta lingkungan hidup yang nyaman dan tertata dengan baik” tutup Randy.


Sumber : http://bem.unri.ac.id/membahas-berbagai-isu-lingkungan-yang-semakin-kompleks-kemenlindup-bem-ur-adakan-kunjungi-ke-walhi/

2 komentar:

  1. Terus? sebatas kunjungan kerja saja kah? apa faedahnya bagi lingkungan hidup yang ada di kampus? Keluar itu perlu, tetapi membenahi yang di dalam jauh lebih perlu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan lebih baik bg, langssung ke BEM UR nya. Agar tersampaikan unek unek itu dan adek adek di BEM UR bisa berbenah. Sebab mereka juga butuh dorongan dan motivasi dari para alumni. :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.